Skip to main content

Normalnya, kapasitas mesin pencuci sekitar 290 kg per jam

Ada yang dampaknya kelihatan jelas, ada juga yang tidak kelihatan di sisi bagian luar rimpang, ternyata sudah rusak bagian dalamnya.

Masa penyimpanarn rimpang jahe tak luput dari perhatian agar kualitas hasil panen tidak berkurang.

Menghasilkan rimpang dengan mutu berkualitas menjadi salah satu tujuan pengelolaan pasca panen.

Sayangnya, banyak sebagian petani masih kurang memperhatikan hal ini.

Padahal, kualitas tanaman berpengaruh terhadap harga produk.

Selepas panen mereka langsung menjual hasil panen tanpa pengelolaan lanjut.

Maka, banyak hasil panen kurang baik, terlalu muda, serta dampak jelek lainnya yang menurunkan harga produk.

Normalnya, kapasitas mesin pencuci sekitar 290 kg per jam 

Mereka juga enggan melakukan pengelolaan pasca panen karena kesulitan biaya.

Jika berkenaan mengenai masalah teknologi, petani sudah terbantu dengan penyuluhan pertanian oleh instansi yang berwenang.

Mestinya memang tersedia sarana 97 untuk mendapatkan biaya.

Dari petani sendiri, perlu meningkatkan keinginan untuk meninggikan nilai jual hasil panen, sehingga benar benar mengusahakan kegiatan pengelolaan pasca panen Selaras dengan itu semua, berikut akan dibahas rangkaian Okegiatan pengelolaan pasca panen, agar rimpang jahe yang dihasilkan terjaga mutu dan nilainya hingga ke tangan konsumen Pembersihan Awal Rimpang-rimpang yang dihasilkan tentu tidak semuanya baik.

Sebagian kecil pasti ada yang kurang memuaskan.

Hasil panen pasti juga terdapat kotoran-kotoran yang ikut terbawa atau tanah-tanah yang menempel.

Setelah dikumpulkan, bersihkan seluruh rimpang jahe yang sudah dipanen dari sisa-sisa kotoran.

Pisahkan antara rimpang yang sehat dengan rimpang yang busuk.

Tahapan ini supaya menghilangkan penyebab-penyebab penyakit yang mungkin masih terbawa, menjaga tekstur luar rimpang, serta memudahkan tahapan selanjutnya, yakni pencucian rimpang.

Pembersihan rimpang dari sisa kotoran yang menempel.

Sumber: h 98 2Pencucian Rimpang Pencucian rimpang bisa dilakukan secara manual maupun menggunakan mesin pencuci rimpang.

Pisahkan antara rimpang yang sehat dengan rimpang yang busuk.

Sebaiknya rimpang dicuci dengan air mengalir, tapi tidak dianjurkan mencuci dengan air sungai.

Jika rimpang dicuci di aliran air sungai, besar kemungkinan akan terserang bakteri E-Coli maupun patogen lainnya.

Air yang cocok berasal dari mata air, seperti sumur, atau lebih praktisnya menggunakan air dari PDAM.

Agarsisa-sisa tanah dankotoran yang menempel hilang, bersihkan rimpang dengan sikat.

Gunakan sikat plastik supaya permukaan rimpang tidak terluka.

Pembersihan dengan mesin pencuci rimpang juga bisa dilakukan.

Normalnya, kapasitas mesin pencuci sekitar 290 kg per jam .

Daya bersihnya hingga 90 % dari total rimpang yang dibersihkan.

Tahap Pengeringan Jangan biarkan rimpang terlalu lama dalam keadaan basah atau lembap.

Setelah dicuci bersih, rimpang ditiriskan dan dikering anginkan.

Pengeringan tidak dilakukan sampai rimpang kering total.

Sebab, bisa menghabiskan kadar air yang ada pada jahe.

Keringkan rimpang sampai kadar airnya sekitar 8-10 % .

Comments

Popular posts from this blog

7 Alasan Mengapa SEO Penting untuk Setiap Startup : Jasa SEO

7 Alasan Mengapa SEO Penting untuk Setiap Startup Untuk pengusaha, SEO adalah bagian integral dari membangun startup yang sukses dari bawah ke atas. Meskipun demikian, banyak pendiri mengabaikan strategi bisnis berbiaya rendah dan tinggi ini, menurut pakar pertumbuhan digital Scott McGovern. Strategi Search Engine Optimization (SEO) adalah alat yang ampuh untuk setiap startup - dan tidak harus menghabiskan anggaran. Ada tujuh alasan mengapa optimasi perlu menjadi prioritas bagi setiap pemilik bisnis, menurut McGovern. 1. SEO memberikan data perilaku pelanggan ke startup. SEO mengungkap data penting. Semakin banyak penelitian optimisasi mesin pencari yang dilakukan oleh sebuah startup, semakin banyak data yang mereka miliki tentang apa yang dicari oleh pelanggan potensial. "Ketika seorang pendiri baru memulai bisnis mereka, mereka tidak memiliki banyak data tentang audiens mereka," kata Scott McGovern. “SEO membantu mengakumulasi data itu dari waktu ke waktu. Mereka d

Penjelajahan wisata KHWAI TENDED CAMP

Penjelajahan wisata KHWAI TENDED CAMP Khwai Private Reserve, Okavango Delta and Moremi, Botswana SEKILAS Perkemahan semak asli di lokasi margasatwa utama Host dan pemandu wisata yang hebat menjadikan pengalaman ini lebih berkesan Pondok safari adalah salah satu pilihan terbaik untuk keluarga di Botswana utara Secara teratur melihat semua mamalia besar, dan peluang besar untuk melihat beberapa spesies langka: anjing liar, sitatunga dan aardvark Kamp berdampak rendah di lokasi yang indah di tepi laguna yang damai Khwai Tented Camp  https://adipatitrans.com/sewa-hiace-jakarta-bandung-2/  terletak di konsesi yang dikelola masyarakat di perbatasan barat Delta Okavango Botswana. Nikmati berbagai kegiatan safari termasuk perjalanan siang dan malam, safari berjalan kaki, dan perjalanan mokoro ketika ketinggian air memungkinkan. Konsesi Khwai adalah contoh yang bagus dari komunitas yang hidup berdampingan secara damai dengan satwa liar. Ini adalah demonstrasi fantastis manf

Jadikan Data Penjelajahan Anda Pribadi Dengan VPN Ini

Jadikan Data Penjelajahan Anda Pribadi Dengan VPN Ini Apakah Anda sedang menghitung angka di laptop Anda di kedai kopi atau menghabiskan larut malam menyusun dek di desktop Anda, Anda mengandalkan perangkat Anda untuk bekerja sama dan mengatakan dalam sinkronisasi. Sayangnya, ada banyak pihak jahat, pengiklan, dan bahkan ISP Anda sendiri yang mencoba menyelinap ke gadget Anda dan merobek riwayat penjelajahan Anda, atau mengambil info Anda dengan malware. Jaringan Pribadi Virtual seperti Surfshark VPN dapat membuat jaringan Wi-Fi tanpa jaminan itu di tempat makan siang favorit Anda aman lagi. VPN melindungi data Anda dengan mengirim semua informasi Anda melalui terowongan terenkripsi, sehingga jaringan Wi-Fi tanpa jaminan menjadi sangat aman untuk semua kebutuhan bisnis Anda. Sebagian besar VPN memakan beberapa kecepatan karena mereka melindungi Anda, tetapi Surfshark membantu Anda menjelajah dengan aman dengan data tak terbatas di lebih dari 500+ server yang ramah torrent. Anda